Langsung
saja ke pembahasan E-Commerce dan E-Busines
E-commerce
merupakan
suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang
memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan
layanan "get and deliver".
Ecommerce
akan
merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya
operasional untuk kegiatan trading (perdagangan)
- Elektronic Commerce adalah transaksi komersial dari produk dan jasa dalam format elektronik" (Transatlantic Business Dialogue Electronic Commerce White Paper, 1997)
- "Electronic Commerce merujuk secara umum kepada semua bentuk transaksi yang berkaitan dengan aktifitas komersial, baik organisasi maupun individual, yang berdasarkan pada pemrosesan dan transmisi data yang di digitalisasikan, termasuk teks, suara, dan gambar" (OECD, 1997)
Proses
dalam Ecommerce
- Presentasi electronis (Pembuatan Web site) untuk produk dan service (layanan).
- Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan.
- Otomasi account pelanggan secara aman (baik nomor rekening maupun nomor Kartu Kredit).
- Pembayaran yang dilakukan secara Langsung (online) dan penanganan transaksi.
Keuntungan Transaksi Ecommerce
- Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel yang biayanya lebih murah.
- Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos surat, pencetakan, report, dan sebagainya.
- Mengurangi keterlambatan dengan menggunakan transfer elektronik / pembayaran yang tepat waktu dan dapat langsung dicek.
- Mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif.
Ilustrasi Transaksi Onlain
E-Busines
- Menurut O’Brien (2001).
E-bussines
merupakan penggunaan teknologi internet untuk menghubungkan dan memperkuat
proses-proses bisnis, perdagangan elektronis (e-commerce) dan komunikasi serta
kolaborasi antara sebuah perusahaan dengan para pelanggan, pemasok dan mitra
kerja bisnis elektronis lainya.
E-commerce
merupakan bagian dari e-business
E-commerce
digunakan untuk mendukung kegiatan pembelian dan penjualan, pemasaran produk,
jasa dan informasi melalui internet atau extranet.
Dengan dukungan Enterprise Information Portal (EIP).
- B2B (Business to Business)
Penjualan produk atau jasa yang melibatkan beberapa
perusahaan dan dilakukan dengan sistem otomasi.
Perusahaan yang terlibat : pemasok, distributor,
pabrik, toko / agen dll.
Transaksi terjadi secara langsung antara 2 sistem.
Contoh : Wal-Mart dan para pemasoknya
Keuntungan : menghemat biaya, meningkatkan
pendapatan, mempercepat pengiriman, mengurangi biaya administrasi dan
meningkatkan layanan kepada pelanggan (korper dan ellis, 2002)
Contoh
: General Motors, melakukan pembelian suku cadang atau barang habis pakai
mengeluarkan biaya $100, dengan sistem B2B biaya pemesanan turun hingga $10
(Ebert dan Griffin, 2003).
- B2C (Business to Consumer)
Interaksi dan transaksi antara perusahaan penjual
dengan konsumenya.
Contoh perusahaan B2C, Dell, Cisco dan Amazon
- Dalam perkembanganya muncullah C2C (Consumer to Consumer) merupakan model perdagangan antara person to person melalui internet (Ebert dan Grifin, 2003).
Contoh Ebay
- C2B (Consumer to Business) , beberapa situs telah berinisiasi untuk mendukung bisnis yang berbasiskan konsumer ke pebisnis.
Contoh di Priceline, memungkinkan seseorang menjual
rumah ke perusahaan ini, internet sebagai media untuk melakukan transaksi.
Sekian
artikel tentang E-Commerce dan E-Busines, semoga bermanfaat,jangan lupa koment :)